Editor: Administrator
Kamis, 19 Agustus 2021  18:30 WIB. Dibaca 12969 Kali   WhatsApp   Facebook


Dumai-Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Dumai, Drs. H. Khairil Adli, M.Si memimpin Rapat Teknis dan Sosialisasi Penerapan e-Absensi QR Code, bertempat di Ruang Rapat Wan Dahlan Ibrahim, pada hari Kamis (19/08).

 

Agenda sosialisasi ini digelar oleh Diskominfo Kota Dumai, dihadiri oleh 2 perwakilan (Kasubbag TU dan 1 Admin/Operator) dari 20 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkup Pemerintah Kota (Pemko) Dumai.

 

Kadiskominfo, H. Khairil Adli dalam kesempatan ini mengatakan sosialisasi penerapan absensi QR Code ini merupakan tindak lanjut dari instruksi Walikota Dumai, H. Paisal, SKM, MARS pada momen Apel Bersama dilingkup Pemerintah Kota Dumai (02/08).

 

"Ini merupakan bentuk komitmen Dinas Komunikasi dan Informatika untuk mewujudkan e-Government dilingkup Pemko Dumai," ucapnya.

 

Penerapan e-Absensi ini juga sejalan dengan Perwako No. 8 Tahun 2021 tentang Pemberian Tambahan Penghasilan Pegawai Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Pemko Dumai.



"Sesuai dengan Perwako tersebut, kehadiran, keterlambatan, dan ketepatan jam pulang pegawai ASN berpengaruh dengan tambahan penghasilan yang didapatkan. Dengan penerapan e-Absensi, tentunya pegawai ASN harus meningkatkan kedisiplinan dalam segi ketepatan waktu," ungkapnya.

 

Kemudian, H. Khairil Adli juga menjelaskan dan memberikan pemahaman tentang fitur dari e-Absen, prasyarat perangkat absensi, dan skema perangkat agar e-Absen QR Code ini dapat diterapkan di masing-masing OPD Pemko Dumai.

 

"Dengan adanya aplikasi e-Absensi ini, diharapkan produktivitas dan kedisiplinan pegawai (ASN) dalam bekerja akan meningkat. Kami berharap agar semua OPD serius untuk menerapkan aplikasi ini," ujarnya.

 

Beliau menambahkan, kedepan tidak ada lagi pegawai yang tidak tahu apa yang dikerjakannya tetapi setiap pegawai akan mengetahui beban tugas sesuai tugas dan fungsi masing-masing.

 

"Jika aplikasi ini dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, manfaatnya bukan hanya dirasakan oleh ASN maupun instansi saja. Pelayanan publik atau masyarakat tentu akan semakin efektif, efisien dan akuntabel," tambahnya.

 

Turut hadir dalam kesempatan ini Kepala Bidang Bidang Layanan Aplikasi e-Government, beserta staf dan pegawai dilingkup Diskominfo Kota Dumai.




Semua Berita

Berita Lainnya

Terima Kunjungan Diskominfo Dan PWI Kota Bukittinggi, Kepala Diskominfotiksan Gencar Kenalkan Kota Dumai Secara Mendalam

DISKOMINFOTIKSAN, DUMAI - Puluhan Wartawan bersama rombongan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bukittinggi melaksanakan kunjungan...

Kolaborasi HIPMI dan Pemerintah: Bangkitkan Potensi Kota Dumai di Era Globalisasi

DUMAI, DISKOMINFOTIKSAN - Wali Kota Dumai dalam hal ini yang diwakili oleh Staf Ahli Hukum dan Politik Hermanto Usman S.Sos. M.S.I menghadiri ...

Apel Gabungan di Lingkungan Pemko Dumai Berlangsung Khidmat, Asisten I Sampaikan Sejumlah Hal Penting yang Menjadi Perhatian Bersama

DISKOMINFOTIKSAN DUMAI - Apel gabungan Aparatur Sipil Negara (ASN), Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), dan Non ASN di lingkungan...