DISKOMINFOTIKSAN, DUMAI - Pemerintah Kota Dumai melalui Diskominfotiksan Kota Dumai sebagai leading sector pengelolaan SP4N-LAPOR! dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Suhatman, MARS sebagai OPD dengan pengaduan tertinggi mengikuti pelaksanaan Akselerasi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik melalui SP4N-LAPOR!, Rabu (11/12/2024).
Akselerasi ini dibuka secara langsung oleh Kepala Ombudsman RI perwakilan Provinsi Riau Bambang Pratama dan didampingi Kepala Keasistenan Penerimaan dan Verifikasi Laporan (PVL) Agung Setio Apriyanto.
Pada kesempatan ini, Kepala Ombudsman RI perwakilan Riau mengungkap bahwa progres pengelolaan pengaduan di SP4N-LAPOR! menunjukkan tren yang semakin baik bahkan cenderung meningkat. Hal ini diperkuat dengan penerbitan beberapa regulasi dari Pemko Dumai, penguatan admin koordinator di OPD dan publikasi masif penggunaan SP4N-LAPOR! untuk masyarakat Kota Dumai.
"Kita melihat bahwa Pemko Dumai menunjukkan tren baik dalam pengelolaan pengaduan masyarakat melalui SP4N-LAPOR!. Hal ini harus terus diperkuat dengan komitmen antara seluruh pejabat berwenang agar pengaduan ini benar benar bermanfaat dalam evaluasi pelayanan publik" ujar Bambang.
Selanjutnya dilaksanakan diskusi antara Ombudsman RI perwakilan Riau, Diskominfotiksan Kota Dumai dan RSUD dr. Suhatman, MARS. Diskusi ini membahas langkah pengintegrasian kanal pengaduan milik Pemerintah, strategi komunikasi dan publikasi penggunaan SP4N-LAPOR!, SDM pengelolaan yang semakin mahir, komitmen bersama dan beberapa langkah strategis lainnya.
Diskusi ini kedepan diharapkan membawa dampak positif dan pengelolaan layanan pengaduan publik dalam hal ini SP4N-LAPOR! dapat terus berjalan efektif dan optimal. (mhl)