Editor: Administrator
Kamis, 18 Agustus 2022  18:46 WIB. Dibaca 111 Kali   WhatsApp   Facebook


DUMAI -  Walikota Dumai H. Paisal menghadiri Press Release Penyelundupan Narkoba yang bertempat di Pangkalan Angkatan Laut TNI AL, Kamis (18/08).

Dalam operasi oleh Satgas Ops Lantamal I pada hari Rabu 17 Agustus pada Pukul 04.30 WIB kemarin, berhasil mengagalkan dan mengamankan kapal pompong jaring tanpa nama dengan barang bukti yang diduga Narkoba jenis sabu-sabu sebanyak 13 bungkus ditangkap di perairan Muara Sungai Mesjid Bangsal Aceh Dumai kurang lebih Utara pulau Rupat.

Kronologisnya pada hari Selasa 16 Agustus 2022 pukul 17.00 WIB, Satgas melaksanakan pemantauan terhadap semua kapal-kapal pompong yang melintas di perairan Tanjung Medang terpantau sebuah Speed Boat kecepatan tinggi yang diduga berasal dari perairan Malaysia menuju kapal pompong jaring yang telah dicurigai.

Selanjutnya pada pukul 18.25 WIB pada saat tim mendekat kapal tersebut terlihat seseorang melempar karung berwarna putih ke laut ke arah laut hingga terbawa arus selanjutnya tim bergerak cepat untuk melaksanakan pengejaran terhadap speed boat yang melaju kencang tersebut yang menuju perairan Malaysia, dan tim pun mengambil keputusan untuk tidak mengejar karena telah memasuki perairan Malaysia.

Kemudian Tim melaksanakan penyisiran terhadap benda-benda yang mencurigakan di buang kelaut tadi. Pada pukul 18.50 WIB, Tim menemukan benda karung putih berisi tas hitam yang didalamnya terdapat 13 bungkus benda yang diduga Narkoba jenis sabu-sabu dan tim melaksanakan pemeriksaan kepada kapal pompong yang menjemput yang terpantau bergerak ke arah Perairan Dumai.

Pada Hari Rabu tanggal 17 Agustus 2022 Pukul 04.15 WIB terpantau kapal pompong yang memasuki perairan Sungai Masjid bersandar di pesisir pantai. Tim berhasil mengamankan 2 orang ABK beserta Kapal Pompong Jaring tanpa nama sementara 2 orang tekong melarikan diri ke hutan bakau dan telah dilaksanakan pengejaran namun tidak berhasil.

Selanjutnya kapal pompong jaring tanpa nama beserta barang bukti 2 orang dikawal ke pos Pomal Sungai Dumai untuk penyelidikan lebih lanjut. Adapun yang berhasil diamankan nama HS umur 39 Tahun warga bukit kapur Kota Dumai dan juga LD umur 46 Tahun warga Bukit Kapur Kota Dumai.

 Pada pengujian kemarin setelah diuji dan diindetifikasi oleh Bea Cukai Dumai di laboratorium, bahwa 13 bungkus tersebut mengandung senyawa organik methamphetamine kandungan npp positif dengan berat total keseluruhan 14.077 Kg. Barang bukti yang nominalnya mencapai 9,8 Milyar tersebut dilimpahkan ke Badan Narkotika Nasional (BNN) untuk ditindak lanjuti.

Pada kesempatan tersebut Walikota Dumai H. Paisal mengapresiasi kepada Tim Satgas dan TNI AL yang telah berhasil menggagalkan penyelundupan Narkoba di perairan Kota Dumai.

"Ini prestasi yang luar biasa oleh TNI AL dan Satgas yang telah menggagalkan penyelundupan Narkoba di Kota Dumai, Pemerintah Kota Dumai akan terus bersinergi dengan TNI dan Polri dalam memberantas Narkoba, dan kasus ini untuk segera ditindak lanjuti oleh BNN dan dari pengungkapan ini semoga dapat dibongkar yang lebih besar lagi," harapnya.

Turut hadir juga pada kesempatan tersebut yaitu, Kapolres Dumai, Dandim, Danlanal, Kajari, Kepala BNN Dumai, Bea Cumai Dumai serta Insan Pers.






Semua Berita

Berita Lainnya

Pastikan Batas Wilayah, Pemko Dumai Dan Pemkab Bengkalis Teken Perjanjian Kerja Sama

Pekanbaru - Untuk memastikan batas wilayah suatu daerah,  Sekretaris Daerah Pemerintah Kota (Pemko) Dumai H.Indra Gunawan telah menandatanganan...

Dinkes Dumai Kembali Berikan Edukasi Kepada Para Agen Perubahan Tentang Pentingnya Vaksinasi

DUMAI - Pemerintah Kota Dumai melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Dumai kembali melaksanakan program Community Event General Population BA for...

Lestarikan Permainan Rakyat, Disdikbud Dumai Gelar Permainan Rakyat Lomba Jong

DUMAI — Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Dumai menyelenggarakan Permainan Rakyat Lomba Jong di Pantai Beringin Indah, Kelurahan...