DISKOMINFOTIKSAN DUMAI - Dalam rangka optimalisasi dan efektivitas layanan digitalisasi seluruh Perangkat Daerah (PD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Dumai, Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian (Diskominfotiksan) Dumai akan melaksanakan monitoring dan evaluasi (Monev) penggunaan aplikasi dan web.
Kepala Diskominfotiksan Dumai H Khairil Adli mengungkapkan bahwa tujuan dilaksanakan monitoring dan evaluasi tersebut untuk memastikan sejauh mana evektifitas PD dalam menggunakan platform digital yang telah diakomodir Diskominfotiksan Dumai melalui Bidang Layanan Aplikasi E-Government.
"Monev yang akan kita laksanakan selama bulan Mei terhadap seluruh Perangkat Daerah ini guna meningkatkan pelayanan digitalisasi kepada masyarakat sesuai dengan visi misi khidmat Pemko Dumai," ungkapnya, Rabu (7/5/2025).
Ia menambahkan, selain memastikan efektivitas dan efisiensi penggunaan aplikasi dan web dalam mendukung kegiatan pemerintahan, evaluasi dan monitoring yang bakal dilakukan juga dapat membantu mengidentifikasi masalah yang dihadapi tiap PD sekaligus menemukan solusi untuk perbaikan.
"Nantinya, Tim Monev dari Diskominfotiksan Dumai akan mengirimkan link kuisioner kepada admin tiap perangkat daerah untuk melakukan pengisian data Monev," tutur H Khiril Adli.
Data-data yang dihasilkan nantinya, terang Kadiskominfotiksan Dumai akan dianalisis untuk memberikan gambaran yang jelas tentang performa aplikasi maupun web, kebutuhan pengguna, dan area yang perlu diperbaiki.
"Hasil analisis ini digunakan sebagai dasar kita untuk pengambilan keputusan terkait pengembangan aplikasi dan web yang lebih baik kedepan. Maka dari itu, kami harap semua PD dapat berpartisipasi mengisi kuesioner saat pelaksanaan Monev ini," ujarnya.