Editor: Administrator
Jumat, 30 Mei 2025  08:32 WIB. Dibaca 50 Kali   WhatsApp   Facebook


DISKOMINFOTIKSAN DUMAI - Pemerintah Kota (Pemko) Dumai melalui Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kota Dumai melaksanakan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) Tahun 2025.

Pelaksanaan kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari amanat Pasal 38 Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik serta Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permenpan-RB) Nomor 14 Tahun 2017 yang mengatur pedoman penyusunan survei kepuasan masyarakat untuk unit penyelenggara pelayanan publik.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Dumai H Indra Gunawan menegaskan pentingnya memaksimalkan kegiatan SKM di lingkungan Pemko Dumai. Diterangkannya, tujuan utama dari kegiatan SKM ini untuk mengetahui kualitas layanan dan mengidentifikasi aspek-aspek yang perlu ditingkatkan, serta mengukur sejauh mana masyarakat menilai pelayanan publik yang telah diberikan selama ini.

"Kepada setiap Perangkat Daerah (PD) diharapkan dapat mengikuti alur tahapan yang telah ditentukan mulai dari penyusunan instrumen survei, teknik sampling, pengumpulan data, hingga publikasi hasil survei," ujarnya kepada tim peliput Kominfo Dumai, Jumat (23/5/2025).

Ia menjelaskan bahwa proses ini mencakup penyebaran kuesioner dalam bentuk barcode, pengolahan data melalui sistem, analisis hasil evaluasi, hingga pelaporan yang transparan kepada masyarakat.

"Nantinya, hasil survei kepuasan masyarakat yang telah dihimpun, akan direkap dan dilaporkan kepada Wali Kota Dumai melalui Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kota Dumai per semester, untuk dilaporkan pada Kemenpan-RB," terang Sekda.

Ia juga berpesan kepada seluruh perangkat daerah agar lebih serius dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik, tidak hanya berfokus pada laporan saja, tetapi juga pada implementasi yang nyata di lapangan.

"Survey ini penting sebagai masukan dan bahan evaluasi agar kita dapat terus meningkatkan kualitas pelayanan publik sesuai dengan aspirasi masyarakat," ujar Ed Efendi.

H Indra Gunawan berharap, SKM yang dilaksanakan dapat menghasilkan data yang akurat dan berguna sebagai dasar untuk pengambilan kebijakan dan perbaikan terus-menerus dalam pelayanan publik di Dumai Kota Idaman. 

"Semoga pelaksanaan survei yang melibatkan seluruh Perangkat Daerah dapat meningkatkan sistem pelayanan publik yang lebih baik, transparan, dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat Kota Dumai," pungkasnya.






Semua Berita

Berita Lainnya

Wisuda Tahfidz Al-Madinah: Semangat Orang Tua dan Guru Cetak Generasi Qur’ani

DUMAI, DISKOMINFOTIKSAN - Wakil Wali Kota Dumai Sugiyarto menghadiri Wisuda Tahfidz Dan Khatam Qur’an Ke XIII SD IT, MDTA Al-Madinah dan MTs...

Pemko Dumai Laksanakan Survei Kepuasan Masyarakat Tahun 2025, Sekda: Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik di Dumai Kota Idaman

DISKOMINFOTIKSAN DUMAI - Pemerintah Kota (Pemko) Dumai melalui Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kota Dumai melaksanakan Survei Kepuasan...

Pisah Sambut Kepala Rutan Kelas IIB Dumai Berlangsung Hangat, Wawako Sugiyarto: Berikan Khidmat dan Kontribusi Terbaik Untuk Dumai Kota Idaman

DISKOMINFOTIKSAN DUMAI - Acara pisah sambut Kepala Rutan Kelas II B Dumai yang lama Yudhi Khairudin kepada Kepala Rutan Kelas II B Dumai yang baru...