Editor: Administrator
Sabtu, 16 November 2024  16:45 WIB. Dibaca 50 Kali   WhatsApp   Facebook


DISKOMINFOTIKSAN, DUMAI - Peringkat ini diraih oleh Pemerintah Kota Dumai yang diumumkan secara langsung oleh Ombudsman RI melalui virtual meeting Penganugerahan Predikat Kepatuhan Pelayanan Publik 2024 yang dihadiri langsung oleh Menteri Koordinator Hukum, HAM, Imigrasi dan Pemasyarakatan Prof. Dr. Yusril Ihza Mahendra, S.H., M.Sc., Kamis (14/11/2024). 

Rapat secara virtual ini turut diikuti oleh Pemerintah Kota Dumai di ruang rapat Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfotiksan) Kota Dumai. 

Peringkat 17 dari 98 Kota se Indonesia dan 50 Besar dari 513 Kab/Kota se Indonesia berhasil diraih oleh Pemerintah Kota Dumai. Pemko Dumai berhasil mendapatkan nilai Kepatuhan Pelayanan Publik sebesar 96,44 dengan kategori A dan Kualitas Tertinggi. 

Ada beberapa hal yang menjadi indeks penilaian oleh Ombudsman RI yakni Pengelolaan Aduan melalui SP4N-LAPOR!, sistem pelayanan terhadap masyarakat di OPD, kepatuhan pelayanan di MPP dan RSUD sebagai titik keramaian masyarakat yang membutuhkan aspek pelayanan birokrasi. 

Diraihnya peringkat yang sangat membanggakan ini merupakan wujud komitmen Pemerintah Kota Dumai dalam beberapa tahun belakangan untuk fokus perbaikan pelayanan publik yang maksimal kepada masyarakat Kota Dumai.

Dimulai dari perbaikan pengelolaan aplikasi pengaduan, evaluasi dan optimalisasi kualitas pelayanan, pembangunan Mal Pelayanan Publik sebagai Pusat Layanan Terpadu Satu Pintu, penggunaan website dan aplikasi penunjang layanan semacam SILAWO untuk Disdukcapil serta beberapa aspek lainnya.

Pjs Wako Dumai TR Fahsul Falah menyambut baik peringkat ini dan menyampaikan bahwa kedepan Pemko Dumai bisa terus meningkatkan kepatuhan pelayanan publik sehingga menjadi role model kepatuhan pelayanan publik baik di kawasan maupun Indonesia secara keseluruhan.

"Peringkat 17 dari 98 Kota se Indonesia merupakan hasil yang sangat membanggakan bagi Kota Dumai. Dengan penilaian kategori A dan Kualitas Tertinggi, tentu saja menunjukkan keberhasilan optimalisasi Pemko Dumai dalam kepatuhan pelayanan publik bagi masyarakat" ujar Pjs Wako ketika diwawancara.

"Kami turut berterima kasih kepada seluruh perangkat Pemerintah Kota Dumai yang memaksimalkan pelayanan publik pada OPD. Kedepan kita harapkan pelayanan publik di Kota Dumai akan semakin baik dan indeks peringkat kepatuhan pelayanan publik di Kota Dumai semakin tinggi" ujar Pjs Wako menutup sesi wawancara. 






Semua Berita

Berita Lainnya

Apel Gabungan di Lingkungan Pemko Dumai Berlangsung Khidmat, Asisten I Sampaikan Sejumlah Hal Penting yang Menjadi Perhatian Bersama

DISKOMINFOTIKSAN DUMAI - Apel gabungan Aparatur Sipil Negara (ASN), Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), dan Non ASN di lingkungan...

Pemko Dumai Resmikan Aplikasi Si-Gemai, Fokus Pada Kebijakan Kesetaraan Gender Di Kota Dumai

DISKOMINFOTIKSAN, DUMAI - Pemerintah Kota Dumai melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) secara resmi meluncurkan Aplikasi...

FKDM Tingkat Kota dan Kecamatan Sekota Dumai Resmi Dikukuhkan, Perkuat Kondusifitas di Dumai Kota Idaman

DISKOMINFOTIKSAN DUMAI - Pengurus Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kota Dumai dan pengurus FKDM tingkat kecamatan se-Kota Dumai resmi...